Selasa, 21 Mei 2013

Home Industry (Tugas SMT 2)



Mengembangkan Bahan Dasar Gula Menjadi Makanan Ringan yang Disukai Banyak Orang
“Temanggung Bersenyum” itulah julukan untuk salah satu kota yang terletak dilereng Gunung sumbing dan gunung Sindoro ini, daerah yang memiliki iklim yang lumayan dingin ini. Sebenarnya daerah Temanggung bukanlah daerah penghasil bahan dasar gula seperti daerah-daerah lainnya.
Daerah Temanggung lebih dikenal dengan penghasil padinya dan juga tanaman tembakaunya. Ada juga yang menyebut kota Temanggung sebagai kota Tembakau karena mayoritas petani yang berada didaerah ini menanam tembakau saat musim kemarau tiba. Namun bukan berarti didaerah ini tidak menghasilkan bahan dasar makanan lain yang bias diolah menjadi sesuatu yang mempunyai nilai jual. Di kota ini lebih terkenal dengan jajanan khasnya yaitu Bakso uleg, Pisang Aroma, Kripik Talas, dan lain sebagainya.
Namun ada juga salah satu home industry yang memanfaatkan bahan dasar yang sebenarnya bahan dasar ini bukanlah hasil utama kota temanggung. Salah satunya adalah pengolahan gula yang dimanfaatkan dalam pembuatan permen jahe dan permen asam. Penjelasannya sebagai berikut :

v  Cara Membuat Permen Asem

Sesuai dengan namanya permen ini terbuat dari buah asam Jawa yang pada umumnya berbentuk bulat-bulat kecil berwarna hitam kecokelatan dan pada seluruh permukaannya ditaburi oleh gula pasir. Sehingga permen ini juga  terlihat sangat khas jika dibandingkan dengan jenis permen pada umumnya yang tektur permukaannya halus, sedangkan bagian permukaan untuk permen asem terlihat kasar karena taburan gula pasir.
Terkadang permen asem ada yang digigit agak empuk sehingga mudah untuk dikunyah, namun selain dari pada itu ada juga yang agak keras ketika digigit, walaupun pada dasarnya bentuk permen asem yang empuk dan yang keras adalah sama. Selain itu dahulu banyak orang yang suka dengan permen asem seperti ini karena mereka menganggap bisa mengurangi rasa mual ketika berada didalam bis dengan mengunyah permen asem yang rasanya sangat segar asem dan tentu saja juga manis.
Untuk asal-usulnya entah dari manakah asal mula dari permen asem seperti ini, apakah tergolong kuliner tradisional Indonesia atau merupakan kuliner dari luar negeri kami sendiri tidak menemukan informasi yang akurat. Namun yang pasti pohan asam sendiri merupakan salah satu jenis tumbuhan yang sering tumbuh didaerah yang beriklim tropis seperti negeri tercinta kita ini. 
Untuk sekarang mungkin dibeberapa daerah bisa menemukan permen asem hanya di super market atau toko oleh-oleh saja, sehingga mungkin ada diantara kita yang rindu dengan permen asem seperti ini. Oleh karena itu bagi anda yang ingin bernostalgia dengan permen asem dan kesulitan untuk bisa menemukannya tentu saja anda harus membuatnya sendiri, selain itu mungkin saja bisa kita jadikan sebagai sebuah usaha mengingat permen seperti ini sudah jarang yang memprodusinya.
Bagi anda yang ingin mencoba untuk membuat permen asem yang bisa dibilang sudah agak terlupakan ini, anda bisa baca yang dibawah ini yaitu tentang resep dan cara membuat permen asem sendiri.
Resep Membuat Permen Asem
a)      250 gram Asam Jawa
b)      300 gram gula jawa disisir
c)      500 gram tepung roti
d)     1 jari jahe yang telah dimemarkan
e)      Gula pasir untuk taburan secukupnya sesuai selera


Cara membuat
  1. Hilangkan biji asamnya terlebih dahulu kemudian ambil dagingnya saja dan campurkan dengan air kira-kira satu gelas kemudian larutkan dan disaring.
  2. Campurkan gula jawa yang telah disisir, jahe dengan kira-kira satu gelas air kemudian rebus hingga larut dan mendidih.
  3. Masukan larutan asam kedalam adonan gula diatas dan aduk hingga merata dan biarkan sebentar agar mendidih
  4. Kecilkan apinya kemudian masukan tepung roti sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga kalis
  5. Jika sudah angkat dan biarkan dingin terlebih dahulu, kemudian baru dibentuk bulat-bulat kecil-kecil
  6. Siapkan gula pasir pada sebuah wadah, kemudian guling-gulingkan semua adonan permen asam yang sudah dibentuk pada gula pasir tersebut, hingga seluruh permukaan permen asam tertutup gula pasir.
  7. Jika sudah bisa dikemas dengan plastik atau juga bisa dimasukan kedalam stoples  

v  Cara Membuat Permen Jahe

Jahe selain digunakan sebagai bumbu masak juga memiliki beragam manfaat bagi kesehatan, seperti mengatasi rasa mual, masuk angin, dan untuk melegakan tenggorokan. Untuk negara yang memiliki iklim tropis seperti di Indonesia, jahe merupakan tanaman obat yang mudah diperoleh di mana-mana.
Karenanya tidak sedikit tangan-tangan kreatif yang mempu menjadikan jahe sebagai salah satu bahan baku pembuatan bermacam produk. Salah satu produk olahan jahe yang paling digemari adalah permen jahe. Cara membuat permen jahe sebenarnya sangat sederhana. Kita dapat membuatnya sendiri untuk dikonsumsi sendiri maupun untuk diproduksi dan dijual. Berikut ini panduan lengkap mengenai cara membuat permen jahe sendiri :          
Bahan :
  1. Jahe yang sudah dikupas 5 kg
  2. Tepung ketan 5 kg
  3. Tepung Maizena 1/2 kg
  4. Gula pasir 5 kg
  5. garam secukupnya
  6. asam sitrat 
  7. kalium sorbet
  8. kayu manis
  9. mentega 1kg
  10. Air bersih 
  11. Natrium Benzoat

Cara membuat:
  1. Buatlah cairan sari jahe, parutlah jahe yang sudah dikupas kemudian ambil sarinya, seperti kita akan membuat santan.
  2. Tepung ketan disangrai.
  3. Gula dilarutkan.
  4. Campurkan sebagian tepung ketan yang sudah disangrai dengan maizena dan setengah sari jahe (adonan 1).
  5. Campurkan sisa sari jahe dengan garam, kayu manis, mentega dan panaskan sampai mendidih (adonan 2).
  6. Campurkan adonan adonan 1 dan adonan 2 hingga merata dan matang(adonan 3).
  7. Campurkan sisa larutan gula dengan asam sitrat, natrium benzoat, dan kalium sorbat aduk merata (adonan 4).
  8. Campurkan adonan 3 dengan adonan 4 aduk sampai matang.
  9. Ambil sebagian tepung ketan yang sudah disangrai dan campurkan pada adonan 4 sampai kekentalan dirasa cukup. sisa tepung    yang lain untuk taburan.
  10. Tuang adonan terakhir ke dalam cetakan atau loyang dengan ketebalan 0,5 cm-1cm dan dinginkan selama 12 jam.
  11. Setelah dingin potong sesuai selera.
  12. Sisa tepung ketan untuk taburan supaya tidak lengket.
  13. Kemaslah dengan rapi supaya indah dan  memperpanjang umur permen.

Selamat mencoba dan membuat variasi permen jahe sesuai dengan keinginan. Ukuran atau takaran bahan bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Jika untuk mencoba membuat pertama kali silakan dikurangi takarannya. Tidak ada yang tidak bisa jika kita berusaha. Semoga berhasil membuat permen jahe sesuai yang diinginkan.

0 komentar:

Posting Komentar